Waktu dan Jadwal Perekrutan CPNS 2017/2018 Sudah Bisa Diprediksi

Informasi tentang Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 sudah ditunggu dan dinanti banyak orang sejak lama dari tahun ketahun khususnya oleh warga masyarakat Indonesia yang sejak lama berniat ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil Negara. Namun pernyataan resmi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yakni Asman Abnur dapat memberikan angin segar. Asman menegaskan bahwa fokusnya saat ini adalah untuk menata kembali pegawai pada daerah yang memiliki dana belanja pegawai besar atau daerah yang memiliki kapasitas berlebih. Dengan kata lain, hal ini dapat dijadikan indikator bahwa perekrutan calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun ini akan segera dilaksanakan, jadwal pendaftaran CPNS 2017 saat ini sangat ditunggu tunggu.

Bidang Ilmu Apa Saja Yang Menjadi Fokus Dalam Penerimaan CPNS Tahun 2017 Ini

Jika dilihat dari program Nawacita yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang menjadi acuan kerja bagi para pembantu Presiden yaitu seluruh Menteri dan jajaran dibawahnya, sudah bisa diprediksi kira-kira bidang ilmu apa saja yang akan menjadi prioritas utama dalam penerimaan CPNS tahun 2017. Bidang ilmu yang akan menjadi prioritas dalam perekrutan Aparatur Sipil Negara atau ASN antara lain kesehatan, pendidikan dan penyuluh pertanian. Berkenaan dengan hal tersebut, bagi yang berkompeten dalam ketiga bidang ilmu tersebut dapat mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi tes seleksi masuk yang nampaknya masih memiliki tahapan yang sama dengan perekrutan sebelumnya.

Jadwal pelaksanaanya perekrutan CPNS 2017

Untuk diingat bahwa tempat pendaftaran resmi yang disediakan oleh Pemerintah dalam proses dan tahapan awal pendaftaran CPNS ini adalah melalui situs www.panselnas.id atau SSCN BKN dan tidak ada situs yang lain. Semua informasi yang berkaitan dengan penerimaan dan perekrutan CPNS disajikan di website tersebut dengan lengkap dan jelas termasuk jadwal perekrutan serta informasi kuota penerimaan pegawai untuk masing-masing daerah di Indonesia. Untuk jadwal perekrutan CPNS 2017 dan berbagai informasi secara lengkap dan mendetail dapat selalu diakses melalui website-website resmi pemerintah melalui lembaga yang sudah ditunjuk yakni Panselnas.id atau SSCN BKN. Berbagai formasi dan juga alokasi untuk masing-masing daerah juga akan diinformasikan secara valid dan resmi melalui website tersebut. Pendaftaran CPNS 2017 kemungkinan besar akan dibuka pada pertengahan tahun 2017 yakni pada bulan Mei atau bulan Juni. Untuk itu, persiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat lolos dari seluruh tahapan seleksi perekrutan CPNS. Tak dapat dipungkiri bawah setiap ada prosesi perekrutan ASN atau CPNS, jumlah pendaftara akan membludak. Bahkan terkadang perbandingan pendaftar dengan kuoa penerimaan dapat mencapai 1:200.

Jenis tes pendaftaran CPNS 2017

Pendaftaran dan syarat CPNS 2017 dapat selalu di-update melalui situs resmi panselnas.id Pendaftaran dilakukan secara online dan offline untuk masing-masing formasi di seluruh wilayah Indonesia. Aturan tahapan yang ditetapkan oleh penyelenggara dalam proses penerimaan calon adalah dengan menerapkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT atau Computer Assisted Test yang disusun oleh penyelenggara dari Kementerian/Lembaga masing-masing.Tahapan ini dilakukan setelah terlebih dahulu berhasil mendaftar di situs resmi Panselnas.

1. Mengisi formulir pendaftaran ASN 2017 secara online di situs resmi panselnas.id

2. Mengisi semua formulir registrasi dengan benar dan lengkap menurut ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan

3. Setelah pengisian formulir lalu kemudian mencetaknya berupa print out guna kepertuan tes

Demikianlah beberapa informasi tentang CPNS 2017. Persiapkan diri sedini mungkin karena waktu pendafataran CPNS semakin dekat. Akan sangat sayang apabila kesempatan emas dan langka untuk menjadi calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2017 terlewat dengan sia-sia, itu artinya anda harus menunggu lagi pada kesempatan berikutnya di tahun depan dimana tentunya menghadapi persaingan yang jauh lebih ketat lagi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*